
STS SMK Muhamadiyah 1 Ajibarang berbeda berbasis Projek
Evaluasi pembelajaran kali ini agak sedikit berbeda. Tahun ini menggunakan istilah Sumatif Tengah Semester (STS) karena ini merupakan istilah dalam Kurikulum Merdeka. Pada tahun sebelumnya menggunakan istilah Penilaian Tengah Semester (PTS). STS merupakan tahapan penilaian (asesmen) pembelajaran. Asesmen merupakan sebuah upaya untuk mendapatkan data/informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik kinerja siswa, kelas, atau mata pelajaran dibandingkan dengan tujuan/kriteria/capaian pembelajaran tertentu.
Diawali dengan tahap asesmen diagnostik nonkognitif dan asesmen diagnostik kognitif pada awal pertemuan.
Dilanjutkan asesmen formatif selama proses pembelajaran. Asesmen bertujuan untuk untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran, serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Sesuai dengan tujuannya, asesmen formatif dapat dilakukan di awal dan di sepanjang proses pembelajaran.
Setelah itu, untuk mengukur kemampuan siswa dilaksanakan asesmen sumatif sesuai jadwal. Asesmen sumatif yang sedang berjalan adalah Sumatif Tengah Semester (STS) semester ganjil. Perbedaan yang kedua pada asesmen ini semua mapel menggunakan teknik observasi, kinerja, project, atau pun tertulis. Pelaksanaan pun tiap mapel berbeda-beda.
Setiap mata pelajaran pun berbeda-beda proyeknya dengan tujuan yang berbeda. SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang melalui STS yang berbeda dengan tujuan membantuk karaktek yang mengacu P5 yaitu Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Gotong royong, Kreatif, mandiri dan Bernalar kritis
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Semarak Hari Batik di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, Ada Makna Mendalam di Baliknya
Ajibarang, 2 Oktober 2025 – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, seluruh siswa dan guru SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang mengenakan batik sebagai bentuk cinta budaya sekalig
SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang Gelar IHT PJBL
SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang mengadakan In House Training (IHT) dengan tema “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penerapan Model Project Based Learning (PJBL)”. Narasumber keg
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Koding dan Kecerdasan Buatan
SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang menggelar In House Training (IHT) bertema “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Koding dan Kecerdasan Buatan” pada [isi tanggal kegiatan]. Kegiatan
Majalah Digital Smuhsa Edisi September
Sebuah sekolah bukan hanya tempat belajar, tetapi rumah kedua di mana mimpi-mimpi mulai tumbuh.” SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang kembali menghadirkan Majalah Digital Smuhsa edisi Se
Lewat IDE Academy LPKIA, SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang Jadi Huawei ICT Academy
SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang kembali menorehkan prestasi membanggakan. Melalui kerja sama dengan IDE Academy Ekonomi LPKIA Bandung, sekolah resmi menjadi bagian dari Huawei ICT Academy,
Kolaborasi Global: SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang dan Huawei Resmikan ICT Academy
SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang kembali menorehkan prestasi membanggakan. Pada tahun ini, sekolah resmi ditunjuk sebagai ICT Academy Huawei, sebuah program internasional yang digagas oleh
Generasi Inovatif! 3 Kelompok SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang Lolos Stage 3 SIC
Alhamdulillah, kabar gembira kembali datang dari dunia inovasi dan teknologi. Pada ajang Samsung Innovation Campus, SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang berhasil melanjutkan langkah hingga Stag
Dari Lapangan Hijau, Hadirkan Prestasi: SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang Juara 4
Alhamdulillah, kabar membanggakan kembali datang dari dunia olahraga. Tim Mini Soccer SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang berhasil meraih Juara 4 dalam ajang Mini Soccer Banyumas Raya yang dii
30 September: Belajar dari Sejarah, Menjadi Generasi Milenial yang Tangguh
Tanggal 30 September 1965 menjadi catatan kelam dalam sejarah bangsa Indonesia. Malam itu, terjadi peristiwa Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI) yang mengguncang stabilitas negara. Peri
IHT: Tingkatkan Kompetensi Guru Melalui Pembelajaran Mendalam Berbasis LMS
Selasa, 30 September 2025, SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang melaksanakan In House Training (IHT) dengan tema “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Mendalam Berbasis LMS&rdqu