• SMK MUHAMMADIYAH 1 AJIBARANG
  • UTAMA (Unggul, Terampil, Mandiri, dan Berakhlakul Karimah)

Tarian Asmaraning Dewi Oleh Ektra Seni Tari

  1. Sinopsis

Asmaraning Dewi

Tarian yang menggambaran kisah asmara seorang perawat kuda dan putri ratu yang tidak medapat restu orangtua.

Cinta merupakan sebuah anugrah,

cinta memang indah,

 tapi tidak selamanya cinta itu berakhir Bahagia.

 Ikhlas adalah cara yang tepat untuk melepaskan rasa itu semua.

  1. Latar Belakang
  2. Acuan

Penggarapan Tari kreasi baru ini terinspirasi dari asal mula “Baturaden” tetapi penata tari hanya mengambil bentuk suasana hati dari sang putri yaitu rasa suka dan cintanya terhadap suta.

Cerita Baturaden

    Diceritakan ada seorang pelayan yang betugas menjaga kuda-kuda milik raja. Namnya adalah Suta. Suatu hari saat Suta berjalan di dekat danau dan ia mendengr jeritan seorang perempuan. Ia pun mencari sumber suara dan menemukan putri raja yang ketakutan karena ada ular raksasa di depannya. Suta sebenarnya juga takut. Namun ia lebih khawatir dengan keselamatan sang putri. Ia pun segera memukul ular tersebut tepat di kepalanya dengan tongkat besar, Ular itu pun mati. Suta dan san putri pun berkenalan dan mereka semakin dekat hingga akhirnya jatuh cinta.       Suatu hari, sang putri meminta Suta menghadap ayahnya untuk meminta izin menikahi dirinya. Mengetahui hal tersebut, sang raja marah besar. Suta lalu dipenjara karena berani meminta menikah dengan sang putri.

   Di dalam penjara, Suta tak diberi makan dan minum. Dibantu sang putri, ia berhasil kabur dari penjara Mereka berdua kemudian pergi meninggalkan istana dan tinggal di dekat sungai. Suta pun menikahi sang putri dan mereka hidup bahagia. Tempat Suta dan sang putri tinggal kini dikenal dengan nama Baturraden. Berasal dari kata batur yang berarti pelayan dan raden yang berarti mulia. Lokasi tersebut saat ini berada di bawah kaki Gunung Slamet.

 

  1. Alasan

Penata tari lebih melilih untuk menggambarkan suasana hati karena lebih bisa dipahami oleh penari yang merupakan perempuan.

 

 

 

  1. Arah Penggembangan

Adegan

Keterangan

Adegan 1

Lebih kepada penggambaran putri raja dan dayang dayang yang memperlihatkan kecantikan dan ketregelanya

Suasana senang

Peralihan dari adegan 1 ke adegan 2

Adegan 2

Penggambaran kisah cinta suta dan dewi

Suasana Penggambaran gelisah

Suasana Senang dan masuk suasana bimbang

Adegan 3

Penggambaran kebahagiaan dewi dengan para dayang penggambaran lenggeran banyumasan

Suasana Senang

Adegan 4

Penggambaran ketidak restuan terhadap kisah cinta putri

Suasana sedih

 

  1. Konsep Garap
  • Konsep Garap Gerak

 Menggunakan Gerak tradisi Banyumas sebagai pokok dan                    digabungkan dengan gerak kontemporet.

  • Konsep Penari      

Dibawakan oleh 5 orang penari putri

  • Rias dan busana       

Rias menggunakan rias cantik

Busana menggunakan busana kreasi yang diseseuaikan dengan tema, menggunakan mekak merah untuk menggambarkan kejolak perasaan sang dewi.

  • Musik Tari

Musik Tari menggunakan music editing perpaduan 2 musik

Music pertama adalah music koreografi tia ayu ulandari

Dan music ke dua adalah music koreografi kelompok sethuk semi UKK tahun 2015

 

  1. Proses Perwujudan Karya

Cara dan Tahapan yang digunakan oleh koreografi adalah :

  1. Memilih ceita yang akan diambil
  2. Seleksi penari yang akan membawaka
  3. Penjajahan atau pengenalan tubuh penari
  4. Eksplorasi gerak Bersama penari
  5. Penyusunan Gerakan
  6. Evaluasi gerak

 

  1. Konsep garap dibagi mejadi 4 bagian yang sudah dijelaskn ditabel atas, diawah ini adalah deskripsi gerak dan pola lantai :

 

No

Nama Gerakan

Deskripsi Gerak

Pola Lantai

1.

Tranjal Ukel

 

( 1 - 8 x 4 )

Penari keluar dari sudut kanan dan kiri, satu penari ditengah panggung.

Gerak penari

Tangan kanan ukel tangan kiri mentang, tolehan melihat tangan yang ukel kaki tranjal

 

2

Ukel Seblak

 

( 1-8 + 1-4 )

Tangan kanan kiri ukel, posisi tangan kanan didekat telinga, posisi tangan kiri di cethik, lalu diseblakan keluar secara bersamaan.

Tolehan  kepala melihat tangan ukel dan tangan yang seblak, posisi badan mendak geol

 

3

Tranjal Ukel

 

( 1 - 8 x 4 )

SDA ( Sama Dengan Atas )

Melaju ke posisi pojok kiri depan

 

Sampai dipojok, tangan kanan seblak ke luar tangan kiri nempel dibahu ngrayung.

 

4

Peralihan

 

 

(1 - 8)

(2 x 8)

Tangan kiri nekuk bahu, tangan kanan lurus tolehan mengikuti tangan yang nekuk.

Gerakan mundur 4 kali

Tranjal menuju pojok kanan belakang 8 kali

 

5

1-2

 

3-4

 

5-8

 

 

1-4

5-8

Kedua tangan dibawa kedepan , kaki gejug kanan

Keduan tangan lurus kesamping kanan kiri, kaki gejug kiri

Tangan kanan lurus kanan tangan kiri lurus atas ukel secara bersamaan tolehan ke kanan kaki gejug kanan

Lakukan kearah sebaliknya.

Tangan kanan diagonal keatas tanagn kiri trap cethik, geol 4 kali

*srisik penari

 

6

Adegan 2

1-8

 

Melepaskan sampur

 

7

2x8 + 1-4

 

 

 

 

2x8 + 1-4

Keduan tanagn diatas kepala turun pelan pelan bentuk tangan ngithing, tangan kanan mbukak ukel tolehan mengikuti penthangan tangan , tangan kanan trap cethik, posisi badan level bawah.

Lakukan gerakan kearah sebaliknya.

Berdiri seblak sampur kanan, srisik memutar masing-masing penari

 

8

1-2

 

3-4+5-8

Tangan kanan kedepan tangan kiri kesamping. Kaki mbukak kanan dan kiri.

Angkat kedua tangan keatas dan angkat kaki kiri,seleh ke kiri dan seblak tangan kanan.

Memutar secara bersamaan kearah kanan dan menuju posisi tengah

 

9

2x8+1-8

Tangan kanan kiri silang, dibawa kedepan bersamaan dibuka ke samping dan kebyok sampur diatas sampur ditaro diatas kepala, srisik menuju pojok kanan belakang

 

 

 

 

 

10

 

Srisik menuju belakang jejer wayang, seblak kedua sampur gejug kiri

 

 

 

ADEGAN 3

 

11

Tranjal Peralihan

 

( 1 - 8 x 4 )

Penari keluar dari sudut kanan dan kiri, satu penari ditengah panggung.

Gerak penari

Tangan kanan ukel tangan kiri mentang, tolehan melihat tangan yang ukel kaki tranjal

 

12

(2 x 8)

Seblak sampur kanan

Geol bawah atas, posisi tangan trap cethik tolehan atas bawah

 

 

13

(2 x 8 )

Seblak sampur kanan, hentakan bahu kanan,kiri, hentakan bahu bebarengan.

Membuka tangan kanan kiri dengan posisi berbentuk lingkaran besar, debeg gejug

 

14

Penthangan Geol/ Sekaran 1

( 1-8 )

 

( 1-8 )

2-8 x 2

 

Tangan kana menthang, tangan kiri trap cethik geol 2 kali tolehan kedepan

Mundur kaki kiri bawa tangan dari dikiri menuju kanan

Tangan kiri nekuk tangan kanan lurus tolehan mengikuti tangan, lakukan kearah sebaliknya, kedua tangan trap cethik lalu dibawa keatas.

 

15

 

 

Keweran sindet

5-8

2 x 8

Kedua tangan dibawa kedepan lalu seblak kiri, gejug kiri. Berjalan 4 hitungan lalu tangan kanan seleh atas,geol 4 kali, jalan lagi 4 kali posisi tanagn wolak walik.

Sindhet : tangan kiri lurus tangan kanan depan dada gejug kanan, ukel tangan kanan lurus kedepan geol 2 kali mbalik gerakan tangan panjang pendek 5 hitungan mbuka tangan kanan kiri mbalik dan pose tangan kanan diagonal atas tangan kanan trap cethik.

 

16

Sekaran 2

3x8 +1-4

Tangan kiri nekuk tangan kanan lurus tolehan mengikuti tangan, lakukan kearah sebaliknya, kedua tangan trap cethik lalu dibawa keatas.

 

 

 

 

 

17

Keweran sindet

5-8

2 x 8

Kedua tangan dibawa kedepan lalu seblak kiri, gejug kiri. Berjalan 4 hitungan lalu tangan kanan seleh atas,geol 4 kali, jalan lagi 4 kali posisi tanagn wolak walik.

Sindhet : tangan kiri lurus tangan kanan depan dada gejug kanan, ukel tangan kanan lurus kedepan geol 2 kali mbalik gerakan tangan panjang pendek 5 hitungan mbuka tangan kanan kiri mbalik dan pose tangan kanan diagonal atas tangan kanan trap cethik.

 

18

Sekaran 3

3x8 +1-4

Tangan kanan kiri mbolak walik 4 kali seleh belakang tangan kanan diatas gedeg kepala

 

 

 

Keweran sindet

5-8

2 x 8

Kedua tangan dibawa kedepan lalu seblak kiri, gejug kiri. Berjalan 4 hitungan lalu tangan kanan seleh atas,geol 4 kali, jalan lagi 4 kali posisi tanagn wolak walik.

Sindhet : tangan kiri lurus tangan kanan depan dada gejug kanan, ukel tangan kanan lurus kedepan geol 2 kali mbalik gerakan tangan panjang pendek 5 hitungan mbuka tangan kanan kiri mbalik dan pose tangan kanan diagonal atas tangan kanan trap cethik.

 

19

Sekaran 4

geolan

 

 

 

 

 

 

20

Keweran

Kedua tangan dibawa kedepan lalu seblak kiri, gejug kiri. Berjalan 4 hitungan lalu tangan kanan seleh atas,geol 4 kali, jalan lagi 4 kali posisi tanagn wolak walik.

 

21

Ending

Pengungkapan perasaan gelisah

 

 

 

 

 

 

 

Cabang Tari Tradisional

- Pembina            : Etika Sari, S.Sn

- Peserta                : Septi Wulnadari / X AKL 2

  Aria Slandianiti / X AKL 1

  Wulan Cahya N / X AKL 3

  Atta Ramadhani / X AKL 4

   Diyana Nur A / X AKL 4

 

 

 

 

 

 

Kostum Tampak Depan

 

 

Kostum Tampak samping

 

 

Kostum Tampak depan

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
"Hari Literasi Nasional Versi SMUHSA: ANBK Dimulai dengan Semangat dan Fokus!"

Ajibarang, 5 Agustus 2025 — SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang memulai pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2025 dengan penuh semangat dan antusiasme tinggi dari

06/08/2025 10:50 - Oleh Administrator - Dilihat 34 kali
Majalah Digital SMUHSA Edisi Juli 2025 Telah Terbit!

???? Klik, Baca, dan Rasakan Semangat Sekolah dalam Genggamanmu! Halo Sobat SMUHSA! Kabar gembira datang dari redaksi Majalah Digital SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang! Edisi Juli 2025 kin

31/07/2025 10:03 - Oleh Administrator - Dilihat 66 kali
Masa Depan Akuntansi di Era Digital: Dari Buku Besar ke Blockchain

Ajibarang, Juli 2025 – Dunia akuntansi terus mengalami transformasi pesat seiring perkembangan teknologi digital. Jika dahulu pekerjaan akuntan identik dengan tumpukan dokumen dan

30/07/2025 15:10 - Oleh Administrator - Dilihat 58 kali
Mengapa Hari Hepatitis Sedunia Penting untuk Diperingati?

Ajibarang, 28 Juli 2025 — Setiap tanggal 28 Juli, dunia memperingati Hari Hepatitis Sedunia (World Hepatitis Day). Peringatan ini bukan sekadar seremonial, tetapi merupakan ajakan

28/07/2025 14:43 - Oleh Administrator - Dilihat 87 kali
Sambut Generasi Tangguh dan Berakhlak melalui Penerimaan Tamu Qobilah SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang

Ajibarang, 26 Juli 2025 — Semangat kepanduan Hizbul Wathan kembali menggema di lingkungan SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang melalui kegiatan Penerimaan Tamu Qobilah (PTQ) Hizbul Wathan

28/07/2025 13:32 - Oleh Administrator - Dilihat 66 kali
Bangun Pagi dengan Hati untuk Ilahi: Refleksi Spiritualitas

Ajibarang, 25 Juli 2025 — Tim Ismuba SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang kembali menyuguhkan inspirasi keislaman yang menyentuh jiwa melalui sebuah kutipan penuh makna yang disebarkan ke

25/07/2025 09:20 - Oleh Administrator - Dilihat 77 kali
Penilaian Kepala Sekolah Bidang Ismuba oleh Majelis Dikdasmen PDM Banyumas di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang

Ajibarang, 23 Juli 2025 — SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang kembali menunjukkan komitmennya dalam penguatan pendidikan nilai-nilai keislaman, kemuhammadiyahan, dan bahasa Arab (Ismuba)

25/07/2025 09:13 - Oleh Administrator - Dilihat 72 kali
???? Selamat Hari Anak Nasional! ???? ✨ “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” ✨

Hari ini, kita rayakan tawa, mimpi, dan masa depan generasi penerus bangsa.Wahai anak-anak Indonesia, teruslah tumbuh dengan bahagia, penuh cinta, dan semangat belajar tanpa batas.????

25/07/2025 09:07 - Oleh Administrator - Dilihat 64 kali
"Cahaya, Musik, dan Semangat: Penutupan MPLS SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang yang Tak Terlupakan!"

Ajibarang, 19 Juli 2025 — Puncak kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang tahun 2025 ditutup dengan semarak dalam acara Malam Inagurasi yang

25/07/2025 09:05 - Oleh Administrator - Dilihat 63 kali
MPLS Hari ke-5 SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang: Semangat Pagi dan Harmoni Suara Siswa Baru

Ajibarang, 18 Juli 2025 — Memasuki hari kelima kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang kembali menghadirkan suasana penuh semangat dan kec

23/07/2025 11:19 - Oleh Administrator - Dilihat 84 kali