SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang

Jl. Pandansari 875 - Ajibarang - Banyumas

Unggul dalam Prestasi dan Berakhlak Mulia

SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019

Kamis, 03 Oktober 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 104 Kali

SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang memperingati Hari Kesaktian

Pancasila Tahun 2019

 

Hari Selasa, 1 Oktober 2019, SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang kedatangan tamu istimewa yaitu tamu perwakilan dari Polsek Ajibarang Kabupaten Banyumas Ipda. H.Haryatmo,SH dan anggota lainnya dalam rangka silaturahmi dan menjadi pembina upacara dalam rangka hari kesaktian pancasila di Indoor SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang. Dalam upacara ini diikuti oleh seluruh siswa , guru dan karyawan SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang.

Peringatan hari kesaktian Pancasila menurut A. Kardiyat Wiharyanto, Dosen Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta pada dasarnya untuk memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Sebagai dasar negara, Pancasila memiliki peran strategis sebagai fondasi dasar sebuah negara. Selain itu, Pancasila memiliki makna sebagai pedoman dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan.

Dalam amanatnya Ipda. H.Haryatmo,SH berpesan kepada seluruh peserta upacara jangan sampai terpropokasi oleh isu-isu hoaks yang berkembang saat ini, dimana banyak ajakan- ajakan kepada siswa untuk mengikuti demonstrasi, selalu menjaga persatuan dan kesatuan dibawah naungan NKRI, jangan terpengaruh obat-obatan terlarang dan selalu belajar untuk mengejar prestasi masa depan demi pembangunan Indonesia SDM Unggul.

Oleh karena itu, peringatan hari kesaktian Pancasila bisa dijadikan kebangkitan bagi kita semua untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung mulai luntur. Nilai-nilai itulah yang kemudian kita maknai sebagai ghiroh untuk membangun kembali jati diri bangsa. Bangsa ini bisa berdiri tegak, hanya jika mau kembali menghidupkan dan sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Pancasila adalah dasar negara dan menjadi sumber hukum yang mengatur masyarakat Indonesia, termasuk kehidupan berpolitik. Karena itu, partai politik sebagai salah satu infrastruktur politik dan segala sesuatu yang hadir dan lahir di negara ini, harus tunduk pada Pancasila.

Fakta sejarah yang hingga saat ini masih diperdebatkan mengenai peristiwa G30S/PKI hendaknya tidak mengubah rasa memiliki kita terhadap Pancasila yang sudah jelas-jelas berperan sebagai simbol pemersatu bangsa. Berbagai peristiwa yang pernah terjadi semenjak Proklamasi 17 Agustus 1945 hingga saat ini, pada akhirnya tidak menggoyahkan Pancasila sebagai dasar negara. Di situ kesaktian Pancasila diuji.

Sumber Tulisan  Muhammad Adnan Al-Ghifari

Di kembangkan dan dipublikasikan oleh tim humas DUDI SMK Muhammadiyah 1 Ajb

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Bambang Wibowo, S.Pd.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas karunia dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat membaktikan segala hal yang kita…

Selengkapnya

KATEGORI

TAUTAN

JAJAK PENDAPAT

Menurutmu bagaimana tampilan dari website sekolah ini ?

LIHAT HASIL