SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang

Jl. Pandansari 875 - Ajibarang - Banyumas

Unggul dalam Prestasi dan Berakhlak Mulia

Pelaksanaan Komitmen Dudi Untuk Rekruitmen dan Penyaluran Lulusan.

Selasa, 28 September 2021 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 35 Kali

Sambutan Kepala Sekolah Bapak Bambang Wibowo

Menyampaikan Ucapan terima kasih kepada pengawas, DUDI dan Pihak Disnakerkopukm telah datang di SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang serta menerangkan tentang penunjukkan Pemerintah kepada SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang sebagai SMK Pusat Keunggulan. Kegiatan hari ini adalah pelaksanaan ini akan membahas tentang bimbingan karier, penyaluran tenaga kerja dan bagaimana kerja sama DUDI dan SMK serta kerja sama Disnakerkopukm dengan SMK.

Sambutan Pengawas Bapak Tri Winarso sekaligus pemaparan materi

Komitmen Iduka Tentang Rekruitmen dan Penyaluran lulusan

Menyampaikan bahwa Siswa perlu di bimbing IDUKA terlebih dahulu melalui program PKL. Program PKL terbaru yaitu dilakukan 6 bulan lamanya. Melalui program tersebut IDUKA sudah paham bagaimana karakter siswa tersebut.

bahwa perkembangan siswa SMK pada zaman sekarang melaju dengan pesat sejalan dengan dunia digitalisasi sehingga dibutuhkan kolaborasi antara sekolah dengan industri dan dunia kerja ( IDUKA). Sekolah perlu membekali siswa dengan hard skill yakni digitalisasi dan soft skill yakni budaya kerja. Pengalaman selama ini beberapa siswa yang mengikuti praktik kerja lapangan kurang percaya diri. Untuk mengatasinya dengan menguasai kompetensi, meningkatkan jam terbang, meningkatkan kreativitas, dan kolaborasi soft skill.

Sambutan Bapak Joko Wiyono

Menyampaikan bahwa di era pandemic ini pembelajaran dilakukan daring, bahwa teknologi tidak dapat menggantikan peran bapak dan ibu guru. Soft skill dibutuhkan oleh pekerja-pekerja di era pandemic. Seksi penempatan tenaga kerja di disnarkertopukm adalah yang akan menempatakan lulusan-lulusan yang terdapat di sekolah yang terdapat pada Banyumas. Guru-guru sekarang hanya mengganti mindset anak-anak jaman now. Bagaimana guru-guru hanya dapat merubah fill dari siswa agar siswa tersebut dapat diterima oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Peran Kepala SMK di butuhkan di sini, kepala SMK harus mempunyai banyak koneksitas agar SMK Maju. Harus terus melakukan komunikasi dengan DUDI dan dinaskerkopukm. Jangan lupa siswa harus dibekali ideologi Pancasila

Pemaparan Materi Oleh IDUKA (PT Samsung Indonesia) disampaikan oleh Bapak Pito Sujatmiko

Menyampaikan bahwa siswa-siswa lebih banyak kerja di daerah sendiri dari pada luar kota. Kenapa demikian karena mental siswa dan keluarga yang tidak ingin anak tersebut bekerja di luar kota. Bagaimana siswa yang kelas XII harusnya sudah siap untuk bekerja, siswa tersebut kurang percaya diri. Di sini peran sekolah bagaimana menciptakan mindset untuk hidup diluar kota (merantau). Ini dilemma di seluruh sekolah Indonesia. Samsung sedang membahas tentang PKL, karena PKL di Samsung selama 2 tahun off dikarenakan Pandemi. Samsung sangat mendukung sekali program-program yang ada di sekolah. Saat ini samsung membutuhkan program IOT dan itu akan dimasukkan didalam kurikulum Samsung. Samsung menambahkan materi soft skill yaitu tentang handle customer disini siswa diajarkan tentang bagaimana menghandle seorang customer yang sedang melakukan protes terhadap service center. Di akhir kata semoga pandemic ini segera berakhir.

Pemapaaran materi oleh Dinakerkopukm disampaikan oleh ibu Maya Yuliani seksi penempatan kerja

Menyampaikan bahwa dampak pandemic ini sangatlah besar. Karena pandemic berpengaruh terhadap perusahaan. Beliau menyampaikan materi tentang peran Bursa Kerja Khusus (BKK) Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja

 

Tugas dan Fungsi Pelaksanaan Pelayanan Penempatan

Pemberi kerja mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi/persyaratan jabatan yang dibutuhkan

Pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan pencari kerja.

Peran Disnakerkopukm terhadap SMK yaitu pelayanan penempatan tenaga kerja (Lokasi kerja) AKL (Angkatan Kerja Lokal), AKAD ( Angkatan Kerja Antar Daerah), AKAN (Angkatan Kerja Antar Negara). Disnakerkopukm juga dapat memberikan pelatihan dan pembekalan etos kerja, budaya kerja, disiplin kerja, dan soft skill tentang informasi yang perlu diketahui oleh tenaga kerja.

Seksi tanya Jawab

Ibu maya kepada Pengawas

Apakah dari sekolah apabila ada PKL memberikan kurikulum kepada IDUKA

Pak Tri

Idealnya sekolah memberikan kurikulum kepada IDUKA agar IDUKA mengetahui apasaja yang pernah mereka dapatkan di sekolah. Sekolah memberikan SOP kepada IDUKA.

Pak Sri Widodo bertanya tentang jobfair yang ada di Banyumas

Bu Maya

Yang pasti satu tahun sekali pasti ada jobfair, dimasa pandemic ini tidak ada jobfair.

Pak Sri Widowo bertanya bagaimana bisa membangun mental keluar kota kepada orang tua dan siswa

Bu Maya

Boleh mengundang disnakerkopukm untuk pembekalan tentang etos kerja, budaya kerja, melatih mental anak untuk ke luar kota. Pada saat pertama pertemuan orang tua harus disampaikan tentang system Pendidikan di sekolah, bagaimana penempatan PKL.

Pak Amin Kepada Bu Maya

Dinas Tenaga kerja ada pelatihan entrepreneurship. Apakah program sejenis itu masih ada atau tidak? Kalau SMK mau melakukan program tersebut apakah bisa atau tidak ?

Bu Maya

Masih ada sistemnya. Bahkan ada bantuan dana. Karena pandemic ini Dinas hanya menerima satu saja yaitu hanya di Desa Cinaga. Untuk sekolah belum ada. Adanya untuk UMKM yaitu dengan membuat proposal wirausaha.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Bambang Wibowo, S.Pd.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas karunia dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat membaktikan segala hal yang kita…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Menurutmu bagaimana tampilan dari website sekolah ini ?

LIHAT HASIL