SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang

Jl. Pandansari 875 - Ajibarang - Banyumas

Unggul dalam Prestasi dan Berakhlak Mulia

SEMINAR PERAN SEKOLAH DAN BURSA KERJA KHUSUS DALAM RANGKA MEMPERSIAPKAN LULUSAN YANG BERKOMPETEN DAN BERBUDAYA INDUSTRI SMK SWASTA SE – KABUPATEN BANYUMAS

Rabu, 02 Oktober 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 142 Kali

SEMINAR PERAN SEKOLAH DAN BURSA KERJA KHUSUS DALAM RANGKA MEMPERSIAPKAN LULUSAN YANG BERKOMPETEN DAN BERBUDAYA INDUSTRI

SMK SWASTA SE – KABUPATEN BANYUMAS

PATIKRAJA, KAMIS 26 SEPTEMBER 2019

 

Ditulis oleh Tim BKK dan Humas DuDi SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang

Acara disambut dan dibuka oleh Kepala SMK Arya Satya Teknologi Patikraja, Bapak Sugito. Kemudian dilanjutkan oleh Ketua F2SS dalam kegiatan ini mengharapkan banyak dibahas menyiapkan lulusan yang siap kerja sesuai dengan kebutuhan industri. Beliau juga menyampaikan seharusnya yang menjadi orientasi sekarang adalah bukan bagaimana output namun prosesnya.

            Ibu Dr. Siti Kunarti, SH, M.Hum sebagai Nara Sumber 1, menyampaikan peran SMK menghadapi pasar kerja fleksibel di era industri 4.0. Dosen Fakultas Hukum Unsoed itu juga menyatakan bahwa SMK pada saat ini terletak di garda terdepan. Beliau menyampaikan ada 4 ciri utama lemahnya pasar kerja:

  1. Pelaku yang memberikan upah teratur mengalami penurunan permintaan, disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi
  2. Perbandingan pertumbuhan angkatan kerja yang relatif tinggi dengan hilangnya lapangan kerja.
  3. Lebih dari 60% penganggur adalah tenaga kerja usia muda 18 – 24 tahun
  4. Pekerja merasa kurang mempunyai jaminan kerja untuk jangka menengah dan peluang yang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan lebih berkurang.

Apa yang akan terjadi di revolusi industri berkenaan dengan pasar kerja? Antara lain

sebagai berikut:

  1. Menghilangnya 59% pekerjaan
  2. Menumbuhkan pekerjaan baru
  3. Hubungan kerja akan menjadi hubungan kemitraan (freelance)
  4. Berkembang menjadi pasar fleksibel

Dr. Siti Kunarti juga menjelaskan pasar kerja fleksibel yang dimaksud adalah pekerja dan pemberi kerja relatif setara untuk saling berinteraksi dan melakukan petukaran yang bersifat nasional. Lalu ketrampilan yang dibutuhkan oleh seorang pekerja apa? Jika melihat kembali ke 2015, berpikir kritis terdapat pada tahap ke 5 dan kreatifitas pada tahap 10, maka di era industri berpikir kritis pada tahap ke 2 dan kreatifitas pada tahap ke menurut urgensinya.

            Adapula pola kerja Industri 4.0 bagi pekerja dan pemberi kerja adalah sebagai berikut:

  1. Pemberi kerja ingin memiliki pekerja yang cerdas, cepat dan bisa melakukan pekerjaan apa saja
  2. Kebutuhan bersifat fluktuatif, kadang banyak permintaan kadang sedikit
  3. Kebutuhan akan kerja tetap (tidak banyak yang optimal dan efisien)
  4. Membutuhkan pekerja lepas dan dapat keluar masuk sesuai kebutuhan
  5. Pekerjaan harus dapat diborongkan.

Bagaimana seharusnya peran SMK? Beliau menjelaskan 4 hal, yaitu

  1. SMK hendaknya dapat memperpendek masa studi
  2. SMK membuka lebih banyak ragam program keahlian
  3. Memperpanjang magang, kurangi biaya on the job training yang seharusnya dipikul perusahaan/ industri yang memperkerjakannya.
  4. Menghasilkan specific human capital (SDM yang khusus) daripada general human capital (SDM yang umum)

Setelah pemaparan dari Dosen Fakultas Hukum salah satu Universitas ternama di kota Purwokerto itu selanjutnya penjelasan dari perwakilan industri dalam hal ini adalah Service Manager Nasmoco Purwokerto Bapak Julius Victor Lontor. Disampaikan oleh beliau bahwa, peserta didik yang hendak magang atau Praktik Kerja Lapangan untuk tahun ini harus melalui test dan masuk standar yang telah ditentukan, begitu pula dengan tenaga kerja yang hendak bekerja di Nasmoco. Hal yang disampaikan pada saat itu adalah apa yang sebenarnya yang dibutuhkan pihak industri? Beliau menyampaikan 8 (delapan) aspek tenaga kerja yang dibutuhkan, diantaranya:

  1. Niat, pekerja harus mempersiapkan niat yang kuat terlebih dahulu karena bekerja bukan untuk sekedar bekerja, namun mampu memajukan usaha
  2. Skill, pekerja memang benar – benar harus memiliki ketrampilan atau kompetensi yang dipelukan dalam perusahaan.
  3. Disiplin, disegala bidang usaha bekal kedisiplinan dari sekolah akan dipakai secara nyata sebagai salah satu faktor penentu kemajuan sebuah perusahaan
  4. Bahasa, kemampuan seseorang dalam bahasa merupakan cerminan kompetensi verbal seorang pekerja. Dimana kompetensi verbal adalah kunci dari suksesnnya hubungan perusahaan dengan pihak intern maupun ekstern.
  5. Relation, hubungan baik antara seluruh stake holder yang ada akan memudahkan perusahaan dalam meneyelenggarakan kegiatan usahanya.
  6. Pekerja harus bisa menggunakan kesempatan dengan baik. Melaksanakan tanggungjawabnya sebagai bagian dari kegiatan usaha.
  7. Keberanian, kemauan untuk melakukan hal – hal yang baru, mau menanggung resiko, mau belajar adalah keberanian
  8. Efisien dan efektif, berusaha agar tenaga yang diberikan tepat guna, serta waktu yang diberikan tidak disia – siakan dengan melakukan pekerjaan yang terbaik.

Dengan demikian, kesimpulan dari kegiatan seminar ini adalah, bahwa peserta didik pada pendidikan formal telah mendapatkan apa yang sebenarnya dibutuhkan didunia kerja. Sekolah telah memberikan pendidikan kepada peserta didik sesuai dengan tuntutan pasar kerja. Yang menjadi pemikiran adalah bagaimana tenaga kerja tersebut memiliki kompetensi – kompetensi yang sifatnya bukan sekedar pengetahuan namun ketrampilan untuk hidup dan bertahan hidup dikemudian hari. Peserta didik diharapkan mampu menjawab segala tuntuan pada segala zaman. Gambaran peserta didik yang mampu menghadapi segala zaman adalah kreatif, adaptif, dapat menembus batas, dinamis, sistemik dan kemampuan untuk memperbaiki diri sebagai lawan dari terbatas, dikontrol, mudah diprediksi, dapat diubah – ubah, berulang – ulang dan mudah diukur.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Bambang Wibowo, S.Pd.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas karunia dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat membaktikan segala hal yang kita…

Selengkapnya

KATEGORI

TAUTAN

JAJAK PENDAPAT

Menurutmu bagaimana tampilan dari website sekolah ini ?

LIHAT HASIL