SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang

Jl. Pandansari 875 - Ajibarang - Banyumas

Unggul dalam Prestasi dan Berakhlak Mulia

MAGANG GURU SMK MUHAMMADIYAH 1 AJIBARANG

Rabu, 28 Agustus 2019 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 167 Kali

MAGANG GURU SMK MUHAMMADIYAH 1 AJIBARANG

Peningkatan kuantitas dan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terus digalakkan. Aneka ragam kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK sehingga memiliki daya saing dan daya serap yang tinggi terhadap pemenuhan tenaga kerja di dunia usaha/industri terus dilakukan.

Instruksi Presiden no Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.adalah satu itikat baik pemerintah untuk mengokohkan kembalai substansi makna sekolah kejuruan sesungguhnya. Tidak kurang dari 12 kementerian, termasuk didalamnya seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN, 34 Gubernur serta Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk bersama-sama bertanggung jawab atas pemenuan standar kompetensi lulusan sekolah menengah kejuruan.

Diantara sekian kebijakan dalam instruksi presiden tersebut adalah pemerintah mewajibkan guru produktif untuk melaksanakan kegiatan magang guru. Magang guru diharapkan dapat menjembatani gap antara pembelajaran di sekolah kejuruan dengan tuntutan dunia kerja di dunia usaha / industri. Melalui apprenticeship teacher atau magang guru terutama untuk guru produktif SMK yang didesain bersama DU/DI, karena secara historis menurut Evans & Edwin (1978, hlm. 36) bahwa “pendidikan kejuruan sesungguhnya merupakan perkembangan dari latihan dalam pekerjaan (on the job training) dan pola magang (apprenticeship)”.

Kebijakan magang guru memang bukan serta merta keinginan pemerintah. Namun haruslah disertai dengan niatan tulus dari sang pendidik itu sendiri. Keinginan untuk move on, out of the box dan keluar dari zona nyaman di sekolah adalah modal dasar bagaimana seeorang guru dapat melaksanakan magang guru secara utuh, bukan hanya sebatas kewajiban formil administratif belaka, melainkan sebuah tuntutan kewajiban diri untuk meningkatkan profesionalisme seorang guru. Magang guru juga terkait dengan mental kerja seorang guru.

Dalam hal ini SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang menjawab tantangan tersebut dengan mengirimkan satu guru magang pada DU/DI yang sesuai dengan komptensi keahliannya yaitu  satu orang guru produktif Perbankan Syariah untuk magang selama 2 bulan ( +  400 jam kerja ) di KSPPS BMT Insan Mandiri Ajibarang. Semoga dengan adanya program guru magang ini dapat meningkatkan  profesionalitas guru produktif  SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang khususnya kompetensi keahlian perbankan syariah di dalam menjalankan tugasnya, terutama memperkenalkan iklim kerja dan menyelaraskan standar kompetensi sesuai dengan tuntutan dunia industri/usaha yang harus dimiliki guru dan di informasikan pada para peserta didiknya di SMK, sehingga mutu pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan dunia industri/usaha dapat tercapai. ( swo )

Dikutif dari Magang Guru, Antara Kewajiban Formal dan Kewajiban Substansi oleh Mohamad Fauzan, S.Pd, M.Sc.

Ditulis dan dipublikasikan kembali oleh Sri Widodo ( Humas DU/DI SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang )

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Bambang Wibowo, S.Pd.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas karunia dan hidayah-Nya, sehingga kita semua dapat membaktikan segala hal yang kita…

Selengkapnya

KATEGORI

TAUTAN

JAJAK PENDAPAT

Menurutmu bagaimana tampilan dari website sekolah ini ?

LIHAT HASIL